Skip to main content

Tanya Jawab Dasar Seputar Bitcoin, Lengkap!

Bitcoin merupakan mata uang digital yang mulai ramai digunakan oleh banyak orang di dunia. Walaupun di Indonesia belum banyak yang menggunakan secara umum, tetapi di Bali mata uang ini sudah mulai digunakan bahkan sudah dilengkapi dengan alat semacam Setor Tunai yang ada di Bank-bank pada umumnya. Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan:


Mengapa kita perlu menggunakan Bitcoin?

Dengan Bitcoin pengiriman uang jadi fleksibel karena bisa melakukan pengiriman dengan nominal yang sangat kecil. Penggalangan dana yang sedang dilakukan website Wikileaks dapat dijadikan contoh. Ada donatur yang hanya menyumbang 0,0003 BTC atau setara dengan 14 sen.

Bitcoin dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah dan fleksibel. Contohnya, jika ingin mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri maka akan melewati beberapa tahap dan tentu saja ada biaya pajak sebelum uang sampai ke tangan penerima. Sedangkan dengan menggunakan Bitcoin cukup menentukan jumlah dan tujuan penerima, Anda bisa langsung mengirim Bitcoin kemana saja dan yang lebih menyenangkan lagi biaya pajak (ongkos kirim) ditentukan oleh Anda sendiri sebagai pengirim.

Lalu....

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak diatur oleh negara dan/atau lembaga apapun. Bitcoin merupakan mata uang digital yang bisa dikirim melalui internet.


Apa kelebihan Bitcoin dibanding mata uang konvensional?

Beberapa kelebihan Bitcoin diantaranya transaksi Bitcoin bisa dilakukan tanpa syarat dan tidak ada batasan transfer, bisa dikirim ke mana saja lewat internet tanpa melalui bank atau lembaga pengirim. Bisa digunakan di negara mana saja dan tidak dapat dibekukan.

Selain itu kelebihan Bitcoin adalah kita bisa memantau semua transaksi yang terjadi. Misalnya transaksi yang dilakukan website Wikileaks. Melalui website Blockchain kita bisa memeriksa dari mana saja Wikileaks mendapat kiriman Bitcoin dan identitas pengirim seperti alamat Bitcoin dan jumlah transaksi yang dikirim.


Siapa Pembuat Bitcoin?


Sampai saat ini belum ada informasi yang pasti siapa sebenarnya pembuat Bitcoin. Namun, algoritma yang digunakan pada Bitcoin dikembangkan oleh sekelompok grup dengan nama alias “Satoshi Nakamoto”. Grup ini juga merilis jurnal yang menjelaskan tentang algoritma kriptografi tersebut. Kemudian pada tahun 2009, untuk pertama kalinya mereka memperkenalkan sistem jaringan Bitcoin dan cryptocurrency.


Apa saja contoh penggunaan Bitcoin?

Bitcoin sudah diadopsi oleh berbagai kalangan, yang kebanyakan adalah website e-commerce. Beberapa diantaranya ada Bitpremier yang menjual barang-barang mewah. Di Indonesia sendiri khususnya Bali, beberapa hotel dan satu co-working space yaitu HUBUD sudah mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran.


Bagaimana cara mendapat Bitcoin?

Ada dua cara mendapat Bitcoin. Pertama, membeli Bitcoin langsung dengan menukarkan mata uang resmi(Rupiah) dengan Bitcoin. Kedua, Anda bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara memasang aplikasi yang disebut Bitcoin miner atau dikenal juga dengan Bitcoin mining.


Lalu, apa itu Bitcoin mining?

Bitcoin mining adalah proses mendapatkan Bitcoin. Untuk bisa melakukan Bitcoin mining, memerlukan komputer canggih yang disebut Application-Specific Integrated Circuit atau disingkat ASIC. Komputer ini digunakan untuk mencari koin baru dengan cara membantu proses transaksi Bitcoin di seluruh dunia.


Bagaimana cara kerja Bitcoin miner?

Sebenarnya cara kerja Bitcoin mining cukup sederhana. Relawan yang memasang software Bitcoin miner atau menggunakan komputer ASIC, akan membantu proses verifikasi transaksi Bitcoin. Dimana verifikasi ini melibatkan proses yang rumit, namun mudah diverifikasi kebenarannya. Relawan pertama yang berhasil memecahkan proses tersebut akan diberikan sejumlah Bitcoin sebagai hadiah.

Namun dalam kenyataannya tidak semudah itu, ada banyak orang dan organisasi yang menambang Bitcoin, jadi apabila hanya bermodalkan komputer biasa maka hal itu merupakan sesuatu yang sia-sia.


Apakah Bitcoin Bisa ditukar dengan uang tunai?


Ya, Bitcoin bisa ditukar dengan mata uang resmi. Di Indonesia sendiri ada Bitcoin.co.id yaitu website sebuah Bitcoin exchange yang melayani penukaran mata uang rupiah.

Selain itu ada website bursa Bitcoin lainnya seperti Artabit, Tiker.in, danTukarcash.com


Berapa nilai tukar Bitcoin?


Nilai tukar Bitcoin tidak pasti dan terus berubah-ubah. Saat artikel ini ditulis nilai tukar 1 BTC mencapai Rp 5.730.000. Untuk memantau nilai tukar Bitcoin dengan rupiah Anda bisa mengunjungi website Coindesk.


Mengapa harga tukar Bitcoin jadi mahal?


Nilai tukar Bitcoin sangat tinggi disebabkan karena jumlah Bitcoin yang terbatas sedangkan pengguna (permintaan) Bitcoin sangat banyak, sehingga harganya menjadi mahal. Bahkan tahun lalu sempat mencapai angka USD 1.000 untuk satu Bitcoin.


Berapa jumlah Bitcoin yang beredar?


Algoritma yang digunakan Bitcoin telah dirancang untuk menghasilkan 21 juta Bitcoin hingga tahun 2024. Sampai bulan ini telah beredar sebanyak 13.500.000 Bitcoin jadi tersisa 7.500.000 Bitcoin lagi. Peredaran Bitcoin bisa Anda pantau malalui website Blockchain.


Apakah jumlah itu bisa bertambah?


Karena Bitcoin adalah mata uang yang paling demokratis. Jumlah tersebut bisa bertambah apabila 50 persen ditambah satu pengguna Bitcoin menyetujui untuk menambah jumlah Bitcoin.


Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang awam yang baru mengenalnya. Jika Anda punya pertanyaan khusus mengenai Bitcoin, silakan tanyakan langsung kepada Broker Bitcoin seperti Bitcoin.co.id maupun yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Tenaga kerja asal Filipina di Hong Kong gunakan bitcoin untuk mengirim uang

Meski perlahan-lahan mendapatkan perhatian masyarakat, Bitcoin terbilang rumit dan masih asing bagi banyak orang. Namun, startup asal Hong Kong BitSpark ingin mengatasi kerumitan ini dengan memungkinkan pengguna mengirim uang tanpa perlu tahu sedikitpun tentang bitcoin. Startup ini baru saja mengumumkan layanan pengiriman uang tunai end-to-end menggunakan bitcoin pertama antara Hong Kong dan Filipina. Bitcoin sering dipuji sebagai solusi untuk berbagai masalah pengiriman uang di dunia. Mata uang ini bisa diakses tanpa rekening bank, instan, dan lebih murah jika dibandingkan dengan bank dan jasa pengiriman uang lainnya. Cara Kerja Bitcoin  Kebanyakan layanan pengiriman bitcoin bekerja seperti ini: pengguna mengambil gaji mereka dan membeli bitcoin. Mereka kemudian mengirim uang dari bitcoin wallet mereka ke bitcoin wallet penerima – biasanya teman atau anggota keluarga di negara asalnya. Kemudian, penerima menukar bitcoin dengan uang tunai dalam mata uang lokal. Tapi layanan pen

Bitcoin adalah metode payout terbaik untuk bisnis online advertising

Sudahkah Anda menggunakan Bitcoin untuk solusi Payout bisnis Anda? “Daripada mencari Bitcoin lewat situs-situs faucet, lebih baik kita membuat sebuah situs dan pasang iklan disana, lalu share situsnya via sosial media seperti facebook supaya mendapatkan banyak visitor. Bitcoin yang didapatkan dari sana pasti lebih banyak jumlahnya daripada kita menghabiskan waktu bermain faucet,” ujarnya sambil tertawa. “Membuat akun Bitcoin juga ternyata sangat mudah dan banyak keuntungannya. Andai saja Google Adsense sekarang juga bisa membayar saya dalam bentuk Bitcoin.”  Begitulah ungkapan yang diberikan Pak Andri Setiawan mengenai bisnisnya. Sebuah kisah nyata dari Andri Setiawan, seorang pengusaha yang mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta Rupiah per minggu dari pemasangan iklan online di situsnya, news.viatekno.com. Mengenal Lebih Dekat Andri Setiawan Bapak Andri Setiawan, seorang pria yang telah berkeluarga dan dikaruniai seorang anak. Ia adalah seorang pebisnis yang juga aktif m

8 Hal Menarik Diumumkan Google dalam Konferensi Google I/O 2017

Pada pertengahan Mei 2017 ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, Google kembali mengadakan konferensi tahunan yang bertajuk Google I/O. Tetapi tahun ini raksasa internet dunia tersebut hanya menghadirkan fitur-fitur baru untuk sistem operasi Android serta Google Home. Mereka tidak meluncurkan produk baru apapun. Untuk lebih jelasnya... Berikut ini adalah delapan pengumuman menarik Google di hari pertama Google I/O 2017. Google for Jobs Layanan ini bisa memperhitungkan banyak hal, mulai dari minat pribadi hingga waktu kamu berangkat ke kantor, dan memberikan lowongan pekerjaan yang sesuai. Google pun meluncurkan layanan baru bernama Google for Jobs, Hal ini dilakukan demi memanfaatkan kemampuan machine learning mereka dalam membaca kebutuhan pengguna. Saat ini, Google mendapatkan berbagai lowongan pekerjaan tersebut dari pihak ketiga, seperti Facebook, Monster, ZipRecruiter, Glassdoor, hingga LinkedIn. Google Lens dalam Google Assistant Teknologi ini sebenarnya telah dima