Skip to main content

Apakah Mungkin Jalan-jalan Keliling Dunia Hanya Menggunakan Bitcoin

Untuk sekarang ini mungkin sulit menggunakan hanya bitcoin saja untuk keliling dunia karena umur bitcoin masih sangat muda, baru 8 tahun dan masih sedikit orang yang menggunakannya. Penggunaan bitcoin masih kalah populer dibandingkan kartu kredit maupun uang cash.

Kalau berwisata keliling dunia menggunakan bitcoin itu sulit, kenapa saya harus menggunakan bitcoin untuk transaksi pembayaran ?

Apa kelebihan menggunakan bitcoin dibandingkan uang cash ataupun kartu kredit?
Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan bitcoin untuk berwisata keliling dunia:

Dengan Menggunakan Bitcoin Tidak Perlu Menukar Uang di Money Exchanger
Ketika berkunjung ke negara lain tentu uang yang digunakan berbeda dengan uang di negara kita, hal tersebut memiliki beberapa kekurangan. Pertama kita harus menukarkan dahulu uang yang kita bawa dengan uang yang berlaku di negara tersebut. Kedua, kita bisa mengalami nasib buruk ketika money exchanger yang kita kunjungi memberikan kurs rate yang buruk hingga mengakibatkan pemotongan nilai kurs sampai 10% dari mata uang kita.

Ketiga, jarang ada money exchanger yang buka 24 jam selama satu minggu. Keempat, terdapat beberapa Money Exchanger gadungan yang ilegal atau tidak memiliki ijin resmi dari pemerintah dan beresiko bila kita menukarkan uang disana.

Lalu apa solusi dari segala permasalahan diatas? Dengan Bitcoin semua permasalahan diatas bisa di selesaikan. Bitcoin merupakan mata uang yang berlaku hampir diseluruh negara didunia.

Jika merchant tempat Anda berbelanja tidak menerima pembayaran menggunakan Bitcoin, Anda bisa menukarkan bitcoin yang Anda miliki ke Bitcoin Exchanger terdekat yang rata-rata beroperasi 24 jam selama seminggu bahkan tetap buka pada hari libur.

Bitcoin Aman Dibawa Kemanapun Kita Pergi

Berwisata dengan membawa uang cash yang cukup banyak memiliki resiko untuk dijadikan target perampokan maupun pencurian karena kita belum mengenal daerah yang kita lalui. Karena disetiap negara ada saja tempat-tempat yang rawan dengan aksi kejahatan. Tentu kita tidak ingin mengalami kejadian buruk tersebut.

Berbeda dengan uang cash, bitcoin memiliki tingkat keamanan tinggi yang membuat Anda nyaman berwisata kemanapun. Kita bisa dengan mudah menyimpan Bitcoin di dalam smartphone.

Seandainya kita mengalami kejadian buruk  seperti smartphone hilang atau dicuri, Kita bisa dengan mudah mengakses Bitcoin melalui perangkat lain seperti PC, Laptop, Tablet maupun smartphone kedua yang kita miliki. Hal ini bisa dilakukan dengan catatan Kita memback-up dompet Bitcoin tersebut dengan baik.

Pencuri yang mengambil smartphone kita kemungkinan besar tidak bisa mengambil Bitcoin yang kita miliki dengan mudah karena dompet bitcoin virtual tersebut dijaga ketat dengan keamanan berlapis dan susah untuk di hack(anti-hack).

Biaya Tukar Bitcoin Lebih Murah

Apakah Anda pernah menggunakan kartu kredit untuk membayar barang belanjaan dan ketika membayar pihak merchant bertanya,”Untuk pembayaran menggunakan kartu kredit, Anda akan kami kenakan charge sebesar 3%, apakah tidak apa-apa?”

Anda hanya membeli beberapa barang saja yang harganya murah, mungkin Anda tidak terlalu memperdulikannya. Tetapi bagaiamana jika Anda berbelanja diatas 10 juta rupiah menggunakan kartu kredit. Anda dikenakan biaya 300 ribu rupiah per transaksi yang Anda lakukan.

Berbeda dengan kartu kredit, pembayaran maupun pengiriman uang  menggunakan Bitcoin hanya dikenakan fee sebesar 0.0001-0.0005 BTC(mata uang bitcoin) untuk para penambang(Miner) Bitcoin. 0.0001-0.0005 BTC jika dirupiahkan sekitar Rp 500 – 5000 per transaksi, tanpa memperdulikan sebanyak apapun uang yang dikirimkan atau sebanyak apapun tagihan belanja Anda.

Anda Terlihat Lebih Keren Dan Modern

Ditempat-tempat yang sudah modern membayar dengan uang cash mungkin terlihat kuno dan tradisional. Membayar dengan kartu kredit mungkin bisa membuat Anda terlihat keren dan berkelas tetapi itu beberapa tahun yang lalu karena sekarang sudah banyak orang yang bisa melakukannya.

Bagaimana membayar dengan Bitcoin?

Nah....

Ini adalah cara baru yang spesial. Meskipun sudah ada banyak merchant raksasa yang menerima pembayaran Bitcoin seperti Rakuten, Microsoft, Del dan overstock, Bitcoin belum sepopuler kartu kredit yang sudah digunakan banyak orang.

Ketika Anda menggunakan Bitcoin, Anda akan terlihat sangat modern dan keren karena Anda update teknologi. Berbelanja dengan bitcoin tidak perlu menggunakan iphone 7 untuk terlihat keren karena dengan “Smartphone jadul” yang Anda miliki sudah bisa digunakan untuk berbelanja menggunakan Bitcoin di merchant terdekat.

Hati-hati ya....

Banyak orang yang akan takjub dan heran dengan cara pembayaran yang Anda lakukan. Tetapi sebenarnya kelebihan yang satu ini hanya bermakna jika dilakukan bagi mereka yang sedikit sombong atau suka pamer. Jlebb....

Beberapa Tahun Kedepan Bitcoin Bukan Hal Baru Lagi

Jika suatu produk sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum maka tidak akan ada perbincangan yang membahasnya. Seperti istrik pada awal ditemukan juga banyak diperbincangkan, tetapi sekarang sudah banyak yang menggunakan dan tidak ada perincangan khusus tentang listrik.

Beberapa tahun kedepan bitcoin bukan hal baru lagi. Kini bitcoin sudah bisa digunakan untuk membeli hampir semua barang di dunia seperti satelit pribadi hingga tiket ke luar angkasa. Untuk berwisata ke luar negeri, Anda bisa membeli tiket pesawat menggunakan Bitcoin di situs-situs ternama seperti CheapAir, atau travel agent yang khusus melayani pembelian tiket dengan bitcoin seperti aBitSky.

Ada juga Perusahaan travel agent raksasa seperti Expedia dan Destina yang melayani pembelian tiket pesawat Anda sekaligus membantu Anda melakukan reservasi di hotel favorit Anda. Mereka juga menyediakan layanan penyewaan mobil untuk kebutuhan transportasi dalam kota. Bila Anda memilih untuk naik angkutan umum, sudah ada banyak taksi yang bisa menerima pembayara dengan Bitcoin seperti Budapest, Malaysia, Bahkan kini di Argentina, Uber sudah bisa dibayar dengan Bitcoin.

Kini sudah ada ribuan merchant yang tersebar di seluruh dunia untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda, bisa dilihat di Coinmap.org. Mulai dari restoran bintang lima di Ubud Bali, supermarket di Belanda hingga toko Cupcakes di San Fransisco, semua sudah bisa dibayar dengan bitcoin.

Anda bisa hidup hanya bermodalkan Bitcoin di berbagai negara termasuk membeli souvenir dan barang-barang mewah dengan Bitcoin seperti lukisan, jam tangan dan mobil. Di Indonesia daftar merchant yang menerima pembayaran dalam bentuk bitcoin masih belum banyak. Untuk mengetahui informasinya bisa dilihat di Direktori Bitcoin atau di Bitislands.com.

Selama Anda mau berusaha, semua bisa dilakukan. Jadi apakah Anda berani untuk memulai hidup dan berwisata hanya menggunakan Bitcoin saja?

Comments

Popular posts from this blog

Tenaga kerja asal Filipina di Hong Kong gunakan bitcoin untuk mengirim uang

Meski perlahan-lahan mendapatkan perhatian masyarakat, Bitcoin terbilang rumit dan masih asing bagi banyak orang. Namun, startup asal Hong Kong BitSpark ingin mengatasi kerumitan ini dengan memungkinkan pengguna mengirim uang tanpa perlu tahu sedikitpun tentang bitcoin. Startup ini baru saja mengumumkan layanan pengiriman uang tunai end-to-end menggunakan bitcoin pertama antara Hong Kong dan Filipina. Bitcoin sering dipuji sebagai solusi untuk berbagai masalah pengiriman uang di dunia. Mata uang ini bisa diakses tanpa rekening bank, instan, dan lebih murah jika dibandingkan dengan bank dan jasa pengiriman uang lainnya. Cara Kerja Bitcoin  Kebanyakan layanan pengiriman bitcoin bekerja seperti ini: pengguna mengambil gaji mereka dan membeli bitcoin. Mereka kemudian mengirim uang dari bitcoin wallet mereka ke bitcoin wallet penerima – biasanya teman atau anggota keluarga di negara asalnya. Kemudian, penerima menukar bitcoin dengan uang tunai dalam mata uang lokal. Tapi layanan pen

Bitcoin adalah metode payout terbaik untuk bisnis online advertising

Sudahkah Anda menggunakan Bitcoin untuk solusi Payout bisnis Anda? “Daripada mencari Bitcoin lewat situs-situs faucet, lebih baik kita membuat sebuah situs dan pasang iklan disana, lalu share situsnya via sosial media seperti facebook supaya mendapatkan banyak visitor. Bitcoin yang didapatkan dari sana pasti lebih banyak jumlahnya daripada kita menghabiskan waktu bermain faucet,” ujarnya sambil tertawa. “Membuat akun Bitcoin juga ternyata sangat mudah dan banyak keuntungannya. Andai saja Google Adsense sekarang juga bisa membayar saya dalam bentuk Bitcoin.”  Begitulah ungkapan yang diberikan Pak Andri Setiawan mengenai bisnisnya. Sebuah kisah nyata dari Andri Setiawan, seorang pengusaha yang mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta Rupiah per minggu dari pemasangan iklan online di situsnya, news.viatekno.com. Mengenal Lebih Dekat Andri Setiawan Bapak Andri Setiawan, seorang pria yang telah berkeluarga dan dikaruniai seorang anak. Ia adalah seorang pebisnis yang juga aktif m

8 Hal Menarik Diumumkan Google dalam Konferensi Google I/O 2017

Pada pertengahan Mei 2017 ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, Google kembali mengadakan konferensi tahunan yang bertajuk Google I/O. Tetapi tahun ini raksasa internet dunia tersebut hanya menghadirkan fitur-fitur baru untuk sistem operasi Android serta Google Home. Mereka tidak meluncurkan produk baru apapun. Untuk lebih jelasnya... Berikut ini adalah delapan pengumuman menarik Google di hari pertama Google I/O 2017. Google for Jobs Layanan ini bisa memperhitungkan banyak hal, mulai dari minat pribadi hingga waktu kamu berangkat ke kantor, dan memberikan lowongan pekerjaan yang sesuai. Google pun meluncurkan layanan baru bernama Google for Jobs, Hal ini dilakukan demi memanfaatkan kemampuan machine learning mereka dalam membaca kebutuhan pengguna. Saat ini, Google mendapatkan berbagai lowongan pekerjaan tersebut dari pihak ketiga, seperti Facebook, Monster, ZipRecruiter, Glassdoor, hingga LinkedIn. Google Lens dalam Google Assistant Teknologi ini sebenarnya telah dima